banner 560

KH Said Aqil Siradj Dinobatkan Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

  • Bagikan
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A. || Foto : IL/NU Online
banner 560

Infomalut.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A, masuk nominasi The Top 50 jajaran tokoh paling berpengaruh di dunia versi The Muslim 500 : The World’s 500 Most Influential Muslims 2022.

Dalam publikasi jurnal terbarunya, Kiyai Said Aqil ditempatkan di urutan ke-19, satu tingkat di atas mantan Mufti Besar Mesir, HE Syeikh Dr Ali Gomaa.

Ini bukan pertama kalinya Kiyai Said Aqil Siradj dinobatkan sebagai tokoh muslim paling berpengaruh dunia. Tahun sebelumnya, Rais Tanfidziyah / Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul ‘Ulama Masa Khidmat 2010-sekarang, juga selalu eksis bahkan di urutan 20 besar.

Beberapa tokoh nasional lain yang mendapatkan penghargaan yang sama adalah Presiden RI Joko Widodo di urutan ke-13, dan Habib Luthfi bin Yahya di urutan ke 32.

Sejumlah kalangan menilai penobatan putra kedua dari KH. Aqil Siradj dari desa Kempek, Cirebon, sekaligus pendiri Ponpes Yayasan KH. Aqil Siradj, membuktikan bahwa dunia membutuhkan Islam yang ramah, inklusif dan damai sebagaimana dipraktikkan NU selama ini.

Dalam deskripsinya, Kiyai Said disebut sebagai tokoh yang memiliki perhatian besar terhadap masalah moderasi dan hak asasi manusia (HAM).

Ia dinilai sebagai orang yang berjasa dalam melindungi kelompk minoritas di Indonesia. Kiyai Said juga diapresiasi atas pemahamannya di bidang keilmuan Islam sebagai sarana membangun peradaban.

Diketahui bahwa, The Muslim 500 : The World’s 500 Most Influential Muslims merupakan survey tahunan yang digelar Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman.

Pemeringkatan ini sudah diselenggarakan untuk ke-9 kali dengan penerima penghargaan meliputi pimpinan negara, tokoh agama, tokoh politik, sosial, budaya, akademisi, pengusaha, ilmuwan, seniman, dan atlet. (*)

  • Bagikan