banner 560

Hore ! Pekan Depan Kapal Tol Laut Resmi Beroperasi Di Pelabuhan Babang-Saketa

  • Bagikan
KM Kendhaga Nusantara 9 saat berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. || Foto : Istimewa
banner 560

LABUHA – Program Tol Laut barang dengan kode trayek T-29 dijadwalkan tiba di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pekan depan.

Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 9 ini dijadwalkan tiba di Pelabuhan Babang pada tanggal 29 Januari 2022 kemudian ke Pelabuhan Saketa 1 Februari 2022. Rute pelayaran perdana kapal tersebut bertolak dari Tanjung Perak menuju Pelabuhan Piru, Wayaloar, Babang, Saketa dan melanjutkan pelayaran ke Gimea, Bula kemudian kembali ke rute induk Tanjung Perak Surabaya.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim memberikan apresiasi atas upaya semua pihak sehingga di setujuinya operasional kapal tol laut barang kemasan kontainer tersebut.

“Alhamdulilah pelayaran perdana kapal tol laut trayek T-29 2022 dengan nama kapal KM. Kendhaga Nusantara segera dimulai. Kepada semua masyararakat agar bisa memaksimalkan peluang ini secara baik,” ujar Rosihan, Selasa, (18/1/22).

Ia berharap, kepercayaan masyarakat terus tumbuh dari tahun ke tahun untuk memanfaatkan kapal tol laut.

Dikatakannya, kapal ini diharapkan bisa menjadi sarana guna membantu masyarakat serta mengatasi disparitas harga barang yang selama ini terjadi.

Ia juga mengajak Pemerintah Daerah (Pemda) Halsel dan para pelaku bisnis untuk memanfaatkan angkutan tol laut demi terciptanya pemerataan distribusi bahan pokok di Indonesia.

“Dengan tersedianya rute ini, mari kita manfaatkan program tol laut agar pengiriman komoditi unggulan masing-masing daerah dapat terdistribusi dengan baik,” singkatnya. (*)

  • Bagikan