banner 560

Muspika dan Pemdes  Bacan Timur Gelar Rakor Serbuan Vaksinasi

  • Bagikan
Pose Bersama muspika bacon timur Dan Para Kepala Desa (Foto : Istimewa)
banner 560

HALSEL  – Pemerintah Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) bersama Muspika dan Para Kepala Desa melakukan rapat koordinasi dalam rangka membahas serbuan Vaksinasi di Wilayah Bacan Timur. Rakor digelar di Aula Pertemuan Kantor Camat Babang dan dipimpin langsung Camat Bacan Timur Niar Barakati SH.

Camat dalam kesempatan itu menyampaikan langsung arahan dari Bupati Usman Sidik yang senantiasa menghimbau masyarakat Halsel untuk mendukung program pemerintah dan melaksanakan vaksinasi dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid 19 dan meningkatkan imunitas tubuh.

Niar menegaskan bahwa, meski Halsel telah memasuki PPKM level II, namun kepada semua pihak, dirinya menghimbau agar tidak terlena dan tetap waspada untuk semakin meningkatkan sinergitas, meningkatkan pola penanganan dan pengoptimalan penanggulangan Covid-19.

Dia (Niar-Red) menambahkan bahwasanya, demi meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang menjaga kesehatan dan mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di Kecamatan Bacan Timur, pihaknya menginstruksikan seluruh kepala desa untuk menggelar sosialisasi langsung kepada warganya dengan menggunakan bahasa daerahnya masing-masing.

Menurutnya, Kepala Desa merupakan garda terdepan yang senantiasa berinteraksi langsung dengan masyarakat juga sebagai panutan di masyarakat, oleh karenanya, kades memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan himbauan dan sosialisas pemahaman vaksin kepada masyarakat.

“Untuk meningkatkan partisipasi vaksinasi dan bagaimana meningkatakan peran keikutsertaan warga maka di butuhkan peran para Kepala Desa di Desanya masing-masing, karna Kepala Desa dan Perangkatnya,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta Kader Kesehatan merupakan ujung tombak suksesnya pelaksanaan vaksinasi di tingkat bawah,” ujar Niar, Rabu,(1/9/2021)

Niar juga menjelaskan, bahwa saat ini suntik vaksin merupakan senjata pemerintah dalam menangkal serta mengendalikan penyebaran Covid 19. Pengendalian pandemi melalui vaksin tambahnya, adalah kunci agar kita semua kembali hidup normal, kembali bekerja, anak-anak kembali ke sekolah sepertia biasanya, dan yang terutamanya lagi kembalinya perekonomian di daerah dan bangsa indonesia pada umunya.

Kapolsek Bacan Timur, IPDA Mardan Abdurahman SH,. Mardan mengaku, tanpa bosan pihaknya juga senantiasa menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari covid-19 dan turut serta berpartisipasi menyukseskan Vaksinasi Covid 19.

Menurut Kapolsek sampai saat ini pandemi masih berlangsung, Maka untuk memperkuat daya tahan tubuh melawan covid diperlukan vaksinasi agar terbentuk sebuah kekebalan komunitas atau herd comunity di masyarakat.

Mardan menambahkan bahwa pihaknya membuat slip referensi edukasi sosilisasi covid 19 dan dibagikan kepada seluruh Kepala Desa untuk menambah pemahaman seputaran Vaksin.

“Pembagian slip referensi diberikan sebagai petunjuk dan kemudahan bagi para Kades agar menambah pengetahuan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang Vaksin.” cetus Mardan.

Dirinyapun mengajak warga agar tidak takut divaksin karena menurutnya pemerintah juga tidak mau melakukan itu jika vaksin tersebut dapat merugikan masyarakatnya sendiri.

Diketahui, turut hadir dalam Rakor, Kapolsek Bacan Timur Mardan Abdurrahman SH., Dankipan A (Kompi senapan A Yonif RK 732/Banau) Lettu Inf Adhega, perwakilan Pos Polairud Marnit Bacan, UPTD Puskesmas Babang dan Babinsa, Bhabinkantibmas serta para Kepala Desa Wilayah Bacan Timur.

  • Bagikan