banner 560

BKP Kelas II Ternate Gagalkan 32 Ekor Biawak dan Daging Babi dari Sanana ke Manado

  • Bagikan
banner 560

TERNATE – Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II kota Ternate, Maluku Utara melalui wilayah kerja Balai Karantina Sanana berhasil menggagalkan sebanyak 32 ekor biawak serta puluhan kilogram daging babi dari Sanana menuju ke kota Manado Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Karantina Pertanian Ternate, Yusup Patiroy mengatakan, untuk penangkapan ini berdasarkan hasil patroli serta pemeriksaan dari petugas Karantina Pertanian Sanana di atas kapal KM.Bunda Maria yang berada di pelabuhan Sanana saat akan diberangkatkan tujuan Manado.

Kata dia, pada saat pemeriksaan petugas telah menemukan puluhan biawak tersebut yang di kemas dalam botol Aqua dan diseludupkan pada bagian sudut ruangan dapur kapal KM.Bunda Maria setelah ditemukan petugas langsung memeriksa dan ditemukan sebanyak 32 ekor tanpa dilengkapi sertifikat surat sehingga diamankan.

Selain biawak petugas juga berhasil menyita satu box yang berisikan daging babi dan juga tiga ekor ayam bangkok semua barang bukti tersebut ditemukan tanpa dilengkapi surat-surat yang diangkut di atas kapal KM.Bunda Maria untuk dibawa ke kota Manado.

“Semua barang bukti ini ditemukan tanpa surat-surat dan juga belum tau siap pemiliknya sehingga langsung kita amankan,” ungkap Yusup Rabu (30/9/2021).

Dia juga mengaku, dengan adanya temuan ini pihaknya baik semua wilayah kerja di masing-masing Kabupaten dan kota di Malut akan selalu melakukan pemeriksaan

pada setiap lalu lintas komoditas hewan dan tumbuhan, termasuk produk turunannya harus dilengkapi sertifikat kesehatan dari karantina seraya kaya Yusup Ini dilakukan untuk mencegah tersebarnya hama dan penyakit hewan dan tumbuhan. Tidak ada yang bisa menjamin hewan dan produk hewan yang ditemukan ini sehat jika tidak diperiksa terlebih dahulu.

Yusup mengungkapkan pada temuan seperti ini dimana modus para penyelundup sangat beragam. Namun, pihaknya selalu berupaya untuk mengamankan dan mewaspadai setiap modus yang semakin berkembang.

“Puluhan biawak yang kita temukan saat ini diamankan di kantor Karantina Ternate wilayah kerja Sanana. Sementara itu ayam bangkok dan daging babi dilakukan pemeriksaan setelah dinyatakan sehat, dikeluarkan sertifikat kesehatan hal ini dilakukan karena biawak termasuk satwa liar, harus ada perijinan khusus. Selain pencegahan hama penyakit hewan dan tumbuhan, karantina juga bertanggung jawab dalam pelestarian sumber daya alam hayati hewan dan tumbuhan Maluku Utara. Oleh karena itu, kita selalu bekerja sama dengan instansi terkait di tempat-tempat pemasukan dan pengeluaran,”pungkasnya

  • Bagikan