banner 560

Proyek Siluman Air Bersih Kusubibi Terbengkalai

  • Bagikan
Tampak Bak Penampung Air Bersih Yang Terlihat Terbengkalai. [Foto : Ilo]
banner 560

HALSEL – Proyek Air bersih yang ada di Desa Kusubibi Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara dikeluhkan masyarakat setempat.

Pasalnya, proyek tersebut diduga dikerjakan tanpa ada kejelasan dari kontraktor sehingga dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Berdasarkan hasil investigasi infomalut.com dilokasi, proyek siluman tersebut tidak di pasangkan papan nama proyek guna memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek tersebut.

Selanjutnya, pipa-pipa berwarna putih dan abu-abu yang disambungkan melalui bak induk ke rumah warga juga terlihat sudah rusak dan tidak berfungsi. Bahkan beberapa pipa berserak di pinggir jalan dan dibiarkan begitu saja.

Sekretaris Desa Kusubibi, Nurdin Talib saat dikonfirmasi menyebut proyek air bersih sumber anggarannya dari dana aspirasi oleh satu satu mantan anggota DPRD Halsel yang di kerjakan oleh Nurbaya selaku kontraktor.

“Proyek itu tahun 2018 dan dikerjakan tahun 2019 sampai sekarang apakah sudah selesai atau belum kami juga tidak tahu. Karena manfaatnya di masyarakat juga belum ada,” kata Nurdin saat ditemui, Kamis (7/10/21)

Sekdes bilang, Pipa yang terpasang ke bak induk terlalu kecil. Selain itu, proses pemasangan pipa juga terbilang asal-asalan.

“Karena pipa itu dorang (mereka) pasang kedalamannya tidak sesuai, sehingga sekarang pipa itu semuanya rusak,” bebernya

Sekdes berharap, kontraktor yang mengerjakan proyek air bersih itu dapat bertanggung jawab.

“Kami berharap kontraktor itu harus menyelesaikan proyek air bersih sehingga dapat digunakan oleh masyarakat,” pungkasnya dengan penuh harapan

Terpisah, salah satu warga yang enggan disebutkan namanya menyebut, proyek air bersih memiliki anggaran sekitar Rp. 400.000,000,00- dengan lama pengerjaan 6 bulan.

“Proyek itu anggarannya sekitar empat ratus juta lebih dan lama pekerjaannya kurang lebih 6 bulan,” singkat sumber itu

Hingga berita ini dipublish, kontraktor pekerjaan air bersih masih sulit dihubungi. [Ilo]

  • Bagikan