banner 560

Ribuan Warga Dipastikan Hadiri Pelantikan IKB Makayoa Halsel

  • Bagikan
Rapat Pemantapan Pengurus dan Panitia Pengukuhan, Pelantikan IKB Makayoa Halsel || Foto : Ilham
banner 560

HALSEL – Ikatan Keluarga Besar Makean-Kayoa (IKB Makayoa) Halmahera Selatan akan menggelar pengukuhan sekaligus pelantikan Ketua Umum (Ketum) dan pengurus periode 2021-2025.

Acaranya yang dilaksanakan di Desa Sangapati, Kecamatan Pulau Makian pada tanggal 27-28 November 2021 diprediksi akan dihadiri ribuan masyarakat Makean-Kayoa.

Selain pengukuhan dan pelantikan pengurus IKB Makayoa, acara ini juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja (Raker) dan Silaturahim Akbar.

Ketua Panitia kegiatan, Muhlas Djafar kepada awak media menyebutkan, acara tersebut juga dihadiri sesepuh dari Provinsi.

“Insya Allah acara ini juga disemarakan dengan kegiatan Silaturahim Akbar. Kegiatan lainnya adalah ditampilkannya seni budaya Makayoa, seperti tarian togal, soya-soya dan lainnya,” kata Muhlas dirumah Makayoa Desa Hidayat, Selasa (26/10/21) kemarin

Juru bicara (Jubir) Makayoa ini juga berharap adanya doa dan kerja sama semua pihak khususnya Keluarga Besar Makayoa untuk mensukseskan acara pengukuhan dan pelantikan sekaligus silaturahim akbar ini,” tandasnya

Sementara Sekretaris Umum (Sekum) IKB Makayoa, Mahdi Jasim menambahkan, paguyuban Makayoa adalah organisasi besar keluarga etnis Makean Kayoa di Maluku Utara yang berdiri sejak lama dan menjadi salah satu organisasi tertua yang eksis sampai saat ini.

Selama keberadaannya lanjut Mahdi, Organisasi ini telah bergerak di bidang kemanusiaan, pendidikan, sosial, budaya, politik, ekonomi, kepemudaan dan pemberdayaan perempuan.

“Paguyuban ini berupaya untuk melestarikan budaya kekeluargaan dengan melibatkan hanya orang Makayoa tetapi semua yang mempunyai kepedulian terhadap sesama,” terang Kasus sapaan akrab Mahdi Jasim

Dia, (Mahdi-red) menegaskan, salah satu bidang yang mesti di perhitungkan dalam organisasi ini, yakni bidang pendidikan.

“Sebab untuk mencapai tujuan yang telah digariskan yaitu kemajuan masyarakat Makayoa,” imbuhnya

Pada waktu itu katanya lagi, sekitar puluhan tahun lalu hasrat untuk sekolah dikalangan masyarakat Makayoa telah berkembang luas dan telah di rasakan.

“Tujuannya melahirkan generasi Makayoa yang berbudi pekerti luhur, menjunjung taraf kehidupan bermasyarakat dengan jalan memberikan kesempatan yang luas untuk mendapatkan pendidikan dan membendung masuknya kebudayaan barat, memperkencang rasa Kemakayoaan dan rasa kebangsaan pada umumnya,” pungkas Sekum IKB Makayoa Halsel. (*)

  • Bagikan