banner 560

DPUPR Halsel Anggarkan 25 Milyar Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Makian

  • Bagikan
Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Halsel, Walid Syukur. || Foto : ILO
banner 560

HALSEL – Pelaksanaan pekerjaan jalan hotmix Pulau Makian, mulai dilaksanakan secara bertahap tahun 2022-2024 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Halsel, Walid Syukur, Jum’at 19 November 2021, kemarin .

Walid bilang, pekerjaan tahap I di tahun 2021 ini sepanjang 2 km, dimulai dari titik nol Desa Rabutdaiyo ke Desa Sangapati.

“Pekerjaan ini menggunakan anggaran APBD perubahan tahun 2021 sebesar Rp 3,5 Milyar,” sebut Walid kepada infomalut.com, diruang kerjanya.

Untuk tahap II kata Walid, total anggarannya senilai Rp 25 Milyar dikerjakan tahun 2022 bersamaan dengan jalan di Kecamatan Obi sekitar 2 Km.

Masih katanya, pekerjaan jalan lingkar Pulau Makian sepanjang 36 Km itu diperkirakan menghabiskan anggaran sebanyak Rp 140 Milyar.

“Perkiraan anggarannya Rp 140 Milyar dengan volume 36 Km. Ini tetap berlanjut sampai tahun 2024 dengan target 2/3 dari 36 Km itu dapat diselesaikan,” ungkap Ketua Harian IKB Makayoa Halmahera Selatan yang akan dilantik pada tanggal 28 November 2021.

Dijelaskan Walid, jalan lingkar Pulau Makian sebenarnya berstatus jalan Provinsi, karena pihaknya sudah menyurat sehingga disetujui oleh Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba.

“Alhamdulillah disetujui oleh Gubernur Maluku Utara sehingga semua jalan Provinsi  dapat ditangani oleh Pemkab Halsel menggunakan APBD perubahan kemudian dihibahkan sebagai aset Pemerintah Provinsi,” jelas Walid sembari menunjukkan surat persetujuan atas pekerjaan jalan oleh Gubernur ke Pemkab Halmahera Selatan.

Katanyanya lagi, langkah Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, sangat diapresiasi karena konsinsten terhadap pembangunan jalan lingkar Pulau Makian dan Obi yang telah lama diabaikan.

“Apresiasi yang sangat besar terhadap Bupati Usman Sidik yang telah konsisten dalam pembangunan jalan lingkar Pulau Makian dan Pulau Obi,” tandasnya. (*)

  • Bagikan