banner 560

Pelanggar Lalulintas Di Halsel Masih Didominasi Anak Dibawah Umur

  • Bagikan
banner 560

LABUHA – Memasuki hari ke dua belas pelaksanaan operasi Zebra Kie Raha 2021, Polres Halmahera Selatan melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Halsel masih menemukan masyarakat yang tidak tertib berlalulintas.

Hal ini diungkapkan Kasatlantas Polres Halsel, IPDA Riko Ibrahim, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (25/11/21)

IPDA Riko mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat berlalulintas di Halsel masih sangat rendah. Banyak ditemukan pengguna kendaraan roda dua tidak menggunakan helm ketika di depan Polantas.

“Masih banyak masyarakat yang belum tertib berlalulintas. Ini artinya tingkat kesadaran tertib berlalulintas untuk masyarakat masih rendah. Saat ini kami belum melakukan penindakan kendaraan di lapangan. Kami masih mengutamakan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat tentang tertib berlalulintas dan taat pada protokol kesehatan. Kami juga melakukan pembagian masker dan turun melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah tentang percepatan vaksinasi, itu bagian dari Operasi Zebra Kie Raha kami,” kata IPDA Riko

Menurut Riko, sepekan terakhir setelah pelaksanaan Operasi Zebra Kie Raha, tingkat kecelakaan lalu lintas di Halsel meningkat. Dalam seminggu terjadi tiga kali lakalantas tunggal.

“Hal itu terjadi pada pengendara yang tidak menggunakan helm. Bahkan saat petugas melaksanakan sosialisasi di lapangan, masyarakat yang berkendara tidak menggunakan helm itu cuek-cuek saja,” tuturnya

Mirisnya, ditambahkan IPDA Riko, pihaknya menemukan banyak anak sekolah kategori di bawah umur bebas membawa kendaraan dan tidak menggunakan helm bahkan sering berboncengan lebih dari dua orang.

Katanya lagi, Kurang lebih dua atau tiga hari belakangan polisi telah menertibkan sekitar 15 kendaraan. Semuanya didominasi pengendara anak di bawah umur dan pelanggaran tidak menggunakan helm, termasuk tidak punya SIM dan pelanggaran lainnya.

“Ini sudah dilakukan penindakan agar ada efek jera bagi pengendara bandel,” terangnya

“Saya berharap dan mengimbau kepada masyarakat agar mari tertib berlalulintas dan taat pada protokol kesehatan demi keselamatan bersama. Di jalan raya itu banyak cobaan sehingga waspada dan tertib berlalulintas itu penting. Jika kami menemukan ada pengendara yang terlihat secara kasat mata tidak menggunakan helm maka kami akan lakukan penindakan. Dan bagi pelanggar yang sudah ditindak langsung saja melakukan pembayaran dendanya di bank atau mengikuti prosedur sidang di pengadilan. Bagi masyarakat yang ingin membuat SIM silahkan datang ke Polres Halsel di bagian Sapta SIM untuk mengajukan permohonan pembuatan SIM,” tandas IPDA Riko. (*)

  • Bagikan