banner 560

Bupati Halsel Beri Sinyal Kembalikan Kades Anggai Ke Posisi Semula

  • Bagikan
Bupati Halsel Usman Sidik didampingi Kepala Inspektorat Saiful Turuy, Stafsus bidang Hukum Rahim Yasin dan Sekretaris DPMD Fahris K. Madan saat melaksanakan Konferensi Pers dengan awak media. || Foto : ILO
banner 560

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, memberi sinyal dalam waktu dekat akan mengembalikan Kamarudin Tukang, Kepala Desa Anggai, Kecamatan Obi, ke posisi semula sebagai Kades definitif.

Pasalnya, Kamarudin, sebelumnya di berhentikan sementara melalui SK Bupati, karena hasil audit temuan Inspektorat atas penggunaan anggaran desa.

Usman pada saat konferensi pers bersama dengan sejumlah awak media di ruang rapat kantor Bupati, Senin (6/12/21) mengatakan Kepala Desa (Kades) Anggai 100 persen telah mengembalikan semua temuan.

“Tinggal administrasinya saja yang belum, tetapi temuannya sudah dikembalikan ke khas daerah,” sebut Bupati

Dikatakannya, ada kepala desa yang mencoba mengelabui Pemda dengan mengembalikan temuan anggaran ke rekening desa, “setalah dua hari kemudian uang tersebut ditarik kembali sehingga saldo rekeningnya kosong, karena mengembalikan uang tersebut ke orang yang dia pinjami dan itu diberi tahu oleh pihak bank. Makannya kami kerja sama dan koordinasi dengan KPK, mereka (KPK) menyarankan agar uang tersebut dimasukkan ke khas daerah,” ungkap Obama sapaan akrab Usman Sidik.

Lebih lanjut, Kata Bupati, langkah tersebut sejauh ini Pemda telah menyelamatkan keuangan negara senilai Rp 2.2 Milyar lebih dari temuan 15 Kepala Desa di Halmahera Selatan.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan menyerahkan data temuan 15 kepala desa ke Kejaksaan dan Kepolisian untuk diproses hukum,” cetusnya.

Untuk diketahui, Pemda Halsel telah melaporkan temuan anggaran desa ke Kejaksaan Negeri (Kejari) sebanyak 4 kepala desa masing-masing kepala desa Sali Kecil, Kades Laluin, Kades Koititi dan Kades Marabose. Selanjutnya, 11 kades lainnya dalam waktu dekat juga akan diserahkan ke instansi penegak hukum. (*)

  • Bagikan