banner 560

Masyarakat Busua Kembali Keluhkan Jaringan Telkomsel

  • Bagikan
Tower Mini Desa Busua Kecamatan Kayoa Barat Kabupaten Halmahera Selatan (Foto : Fandi/InfoMalut.com)
banner 560

HALSEL – Masrakat Desa Busua, Kecamatan Kayoa Barat Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara kembali keluhkan  jaringan  Telekomunikasi  yang hilang total.

Jariangan Telkomsel mulai hilang sejak tanggal (4/12/2021) hingga tanggal saat ini, masyarakat tidak bisa mengakses panggilan keluar, SMS dan Interntet. Masala ini bukan kali pertamanya terjadi, melainkan kedua kalinya, pertama kalinya pada bulan Juli sampai dengan Bulan Agustus 2021 lalu.

Dengan kondisi ini, masyarakat sangat resah dan hawatir dengan anak dan keluarga mereka yang berada diluar Daera, apalagi akhir-akhir ini terdengar informasi bencana dimana – mana, ketakutan dan kegelisahan menghantui benak mereka akibat dari tidak bisa memastikan kabar dan kondisi anak dan keluarga meraka disana yang sedang studi.

Riswan Naser, sala satu pegawai Puskesmas Desa Busua ketika di hubungi media ini, Rabu (15/12/21) mengaku bahwa masyarakat saat ini sangat kesulitan dengan kondisi signal Telkomsel yang hilang di Desa Busua.

” Masyarakat  sangat resah dengan kondisi signal yang hilang, apa lagi terdengar kejadian- kejadian dimana-mana, masyarakat sangat  menghawatirkan keluarga dan anak-anak mereka yg berda diluar kampung,” ungkap Riswan.

Tambah Riswan, dampak dari kejadian ini bukan-nya hanya kekhawatiran masyarakat akan tetapi seluruh instansi Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan dan instansi lain juga terhambat dalam pekerjaan, apalagi pekerjaan yang butuh jaringan seperti mengirim laporan dan kerja- kerja lainya.

“kami dari instansi pun saat ini saat kesulitan dalam bekerja, apalagi saat mengirim laporan, jadi alternatif yang kami ambil harus ke kampung tetangga untuk mencari jaringan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Busua, Ikram Samsudin saat dihubungi, ia menyampaikan pihaknya selaku  pemerintah Desa saat ini suda melaporkan kejadian ini di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Halmahera Selatan, melalui Diskominfo akan diminta pihak teknisi untuk melakuakan perbaikan, oleh karna itu dihimbau kepada masyarakat agar tetap bersabar.

” Saat ini saya suda berkordisai dengan Kominfo Halsel, dan dari Kominfo juga mengaku akan menghubungi pihak teknisi agar secepatnya memperbaiki kerusakan yang ada, jadi saya harap masrakat tetaplah bersabar, ” Ungkap Kades.

Selain itu, kades juga menceritakan akhir tahun ini, berbagai bencana yang terjadi di Desa Busua, mulai dari air pasang dan gelombang tinggi yang menghantam pesisr pantai Desa Busua, deng kerusakan tiga rumah warga, timbunan rumah warga juga longsor terbawa gelombang, dan kejadian angin puting beliung yang merusak sala satu rumah di Dusun 03 Rw 08. Juga kehilangan signal telekomunikasi hingga saat ini,” tambah Kades.

Kades berharap kepada Pemerintah Kabupaten agar seriusi dalam melihat kondisi yang terjadi di Desa Busua, karna hal ini menyangkut dengan kebutuhan dan keselamatan masyarakat Desa Busua.

” Kami berharap agar pemerintah mengambil langaka pencegahan seperti pembuatan talut penahan ombak di desa Busua minimal 1000 meter dengan kapasitas pesisir pantai Desa Busua, juga menempatkan tehnisi jaringan di Desa Busua, agar ketika ada kerusakan secepatnya diantisipasi, tidak seperti sekarang,”harap Kades. (*)

  • Bagikan