banner 560

Babak Semifinal Liga 3 Berlangsung Bersamaan, Ini Penjelasan ASPROV Malut

  • Bagikan
Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Malut, Hi. Bahrun Abubakar. || Foto : Istimewa
banner 560

LABUHA – Isu beredarnya pengaturan skor pertandingan mulai mencuat menjelang babak Semifinal Liga 3 Zona Maluku Utara yang akan mempertemukan tuan rumah Persihalsel Versus Persiter dan Morotai United Versus Persihalteng, Selasa 21 Desember 2021 besok.

Sebelumnya, jadwal pertandingan yang telah dikeluarkan ASPROV PSSI Malut, ke empat tim ini akan berlaga dilapangan GBK Twokona. Namun, ASPROV Malut telah mengeluarkan jadwal pertandingan yang baru berlangsung di dua tempat yakni, lapangan GBK dan lapangan Samargalila dengan waktu pelaksanaan yang sama.

Menanggapi itu, Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Malut, Hi. Bahrun Abubakar, menjelaskan bahwa ketentuan PSSI dalam Liga 3 pointnya jelas dalam pasal 12 ayat 2 tentang waktu Kick-Off.

“PSSI berwenang untuk menentukan waktu Kick-Off terhadap pertandingan tertentu contoh, pertandingan terakhir dibabak penyisihan grup atau atau pertandingan lain yang dianggap penting dan untuk mencegah terjadinya pelanggaran terhadap fair play,” jelas Bahrun kepada infomalut.com, saat dihubungi Via Thelephone, Senin (20/12/21).

Bahrun bilang, keempat tim masih saling ketergantungan hasil untuk melaju ke babak final, kewenangan yang menentukan waktu Kick-Off ada di PSSI.

“Pertandingan kedua tergantung hasil pertandingan pertama, begitu juga sebaliknya. Ini dihindari agar tidak ada main mata atau kompromi antar tim,” tuturnya.

Terkait dengan kondisi lapangan Samargalila yang kurang memadai dari segi kelengkapan fasilitas, keamanan dan kenyamanan pertandingan serta ruang ganti pemain juga tidak tersedia, Sekretaris ASPROV dengan tegas mengatakan manajer setiap tim harus patuh terhadap regulasi yang sudah dikeluarkan.

“Ini aturan PSSI harus dipatuhi bukan aturan yang seenaknya dibuat begitu saja. Karena ini hasil dua pertandingan sebelumnya yang menentukan dan diselesaikan didua tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan,” terangnya.

Lebiha jauh, Bahrun menyampaikan hasil sementara Liga 3 Zona Maluku Utara diantaranya, Persihalsel mengoleksi 4 poin dengan hasil 1 kali menang dan 1 kali seri. Persihalteng mengoleksi 1 poin dengan hasil 1 kali kalah dan 1 kali seri. Sementara, Persiter mengoleksi 3 poin dengan hasil 1 kali menang dan 1 kali kalah dan
Morotai United mengoleksi 3 poin dengan hasil 1 kali kalah dan 1 kali menang.

Dengan demikian lanjut Bahrun, hasil resmi yang keluar melalui aplikasi PSSI menempatkan urutan klasemen sementara adalah Persihalsel, kedua Morotai United, urutan ketiga Persiter dan urutan keempat Persihalteng.

“Kami berharap dalam pertandingan nanti setiap tim wajib menjunjung tinggi sportifitas dan seluruh perangkat pertandingan melaksanakan tugasnya dengan baik,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan