banner 560

Resmi Beroperasi Di Pelabuhan Babang-Saketa, Ini Jadwal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 9

  • Bagikan
Kapal Tol Laut Barang dengan kemasan Kontainer, KM. Kendhaga Nusantara 9 perdana berlabuh di Pelabuhan Babang. || Foto : ILO/Humas UPP Kelas II Babang.
banner 560

BABANG – Kapal Tol Laut barang KM Kendhaga Nusantara 9 bermuatan kontainer akhirnya resmi beroperasi di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Kapal yang berlabuh perdana di Pelabuhan Babang sejak 28 Januari 2022 itu diresmikan oleh Pemerintah daerah Halmahera Selatan tanggal 29 Januari 2022 dan selanjutnya di Pelabuhan Saketa 31 Januari 2022.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim kepada infomalut.com, Sabtu (5/2/22) mengatakan pelabuhan Babang dan Saketa menjadi pelabuhan singgah dari trayek baru tol laut yang diusung Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di tahun 2022 yakni rute T-29.

Rosihan menilai, kehadiran Tol Laut di Kabupaten Halmahera Selatan sebagai bentuk hadirnya negara dalam rangka rangka konektivitas Nusantara untuk meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di sektor perekonomian.

“Hadirnya Tol Laut juga diharapkan dapat meningkatkan manajemen logistik dan digitalisasi bisnis bagi para pelaku usaha yang ada di Halsel. Ini kesempatan emas bagi para pengusaha yang ada di Halsel untuk memasarkan berbagai macam produksi lokal ke luar daerah,” tutur Kepala KUPP Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim.

Terkait dengan rute Tol Laut, Rosihan bilang, KM Kendhaga Nusantara 9 Trayek T-29 melayani rute perjalanan dimulai dari Tanjung Perak-Piru-Wayaloar-Malbufa-Babang-Saketa-Gimea Tapeleo/Patani-Bula.

Rute Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 9 bulan Januari-April 2022.

Masih katanya, kehadiran kapal Tol Laut di Halsel diharapkan dapat menjawab disparitas harga barang dan mempermudah pelaku usaha untuk terhubung dalam bisnisnya.

“Bukan hanya pelaku usaha saja, bagi masyarakat yang membeli barang kebutuhan yang diangkut menggunakan Tol Laut harganya juga murah,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan