banner 560

4 Kecamatan Di Halsel Sukses Gelar Musrenbang

  • Bagikan
Suasana Musrenbang Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan oleh empat Kecamatan di Kabupaten Halsel, berlangsung di Aula Kantor Camat Bacan Timur. || Foto : Info Malut
banner 560

BABANG – Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, sudah berjalan di 30 Kecamatan. Masing-masing Kecamatan ada yang sudah selesai menggelar kegiatan tersebut, sementara lainnya masih sedang dalam proses.

Kali ini sebanyak empat Kecamatan melaksanakan Musrenbang secara bersamaan yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Bacan Timur. Ke empat Kecamatan itu di antaranya Kecamatan Bacan Timur, Kecamatan Bacan Barat Utara, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kecamatan Bacan Timur Selatan dan di hadiri 32 Kepala Desa.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Muhammad Thahrim Imam, melalui Kepala Bidang Sosbud Yudhi Eka Prasetia, usai membuka kegiatan Musrenbang mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mensinkronkan hasil Musyawarah Desa (Musdes).

“Lewat forum ini akan di putuskan skala prioritas usulan masing-masing desa dari tiga usulan menjadi satu usulan,” tutur Yudhi kepada awak media, Selasa (15/2/22) siang tadi.

Yudh bilang, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Pembangunan harus mempertimbangkan keterpaduan antara aspek politis, Teknokratis dan aspiratif.

Hal inilah lanjut Yudhi, menjadi dasar di selenggarakannya Musrenbang tingkat Kecamatan. Meski pun kegiatan musrenbang ini merupakan kegiatan tahunan di harapkan dapat memberi perhatian dan kesungguhan dalam memberikan saran maupun kritikan.

“Musrenbang ini merupakan tahapan penting dalam sebuah sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Halsel secara keseluruhan,” jelasnya

Lebih jauh dikatakan Kabid Sosbud, saat ini Musrenbang di tingkat Kecamatan telah mencapai 90 persen, “itu artinya, di 30 Kecamatan hampir tuntas melaksanakan kegiatan Musrenbang ini,” sebutnya.

Setelah mencapai 100 persen, sambung Yudhi, akan di laksanakan Musyawarah tingkat Kabupaten yang menggabungkan antara kepentingan tingkat bawah, OPD dan usulan maupun pokok pikiran dari DPRD.

“Nanti juga ada arahan kebijakan dari pak Bupati,” tandasnya.

Terpisah, Camat Bacan Timur Niar Barakati menyebut, setidaknya ada sepuluh usulan program prioritas yang telah di masukan.

Sementara, Camat Bacan Timur Selatan Isnain A. Abdullah, juga mengaku Musrenbang tadi sebanyak tujuh program prioritas yang di masukan baik jalan, Drainase, Bronjong, Air bersih, Talud dan pembangunan gedung rawat inap untuk Puskesmas Kecamatan.

Senada dengan Camat Bacan Timur dan Camat Bacan Timur Selatan, Camat Bacan Timur Tengah Rusli Hi. Yusuf juga membenarkan ada tujuh program prioritas yang di masukan baik usulan dari Desa, UPTD dan Puskesmas.

Untuk Bacan Barat Utara, Mudrika Abdullah juga mengatakan sebanyak delapan usulan program prioritas terdiri dari pembangunan bronjong, Jalan tani, Talud, Jembatan penghubung dan Swering pantai. (*)

  • Bagikan