banner 560

30 Kecamatan Siap Rebut Juara Umum MTQ Ke-29 Tingkat Kabupaten Halsel

  • Bagikan
Suasan panggung utama MTQ ke-29 di malam hari. || Foto : Info Malut
banner 560

HALSEL – Sebanyak 374 khafilah yang tersebar di 30 Kecamatan, Kabupaten Halmahera Selatan, dengan kategori lomba untuk anak-anak, remaja dan dewasa siap memperebutkan juara umum MTQ ke-29 di Desa Suma, Kecamatan Pulau Makian, yang berlangsung sejak 19-24 Februari 2022.

Kepala bagian kesejahteraan rakyat (Kabag Kesra), Sekretariat Daerah Halmahera Selatan, Suhardi Kasim, M. Pd, kepada awak media mengatakan bahwa seluruh khafilah, pendamping dan pelatih telah menempati poskonya dengan baik dan nyaman.

“Para Khafilah, pendamping dan pelatih sudah menempati poskonya. Pawai ta’aruf dan pembukaan MTQ juga berlangsung dengan khidmat dan meriah,” jelas Kabag Kesra selaku pelaksana kegiatan MTQ ke-29, Minggu (20/2/22).

Untuk sebaran posko, Suhardi bilang, panitia telah menetapkan empat Desa sebagai posko para khafilah.

“4 desa itu diantaranya, Desa Suma, Sangapati, Ploly, dan Matangtengin,” sebut Suhardi.

Sementara, 30 Kecamatan yang mengikuti kegiatan tersebut, di rinci Kabag Kesra diantaranya Khafilah Kecamatan Bacan, Khafilah Kecamatan Bacan Selatan, Khafilah Kecamatan Bacan Barat, Khafilah Kecamatan Bacan Barat Utara, Khafilah Kecamatan Bacan Timur, Khafilah Kecamatan Bacan Timur Tengah, Khafilah Kecamatan Bacan Timur Selatan, Khafilah Kecamatan Botanglomang, Khafilah Kecamatan Mandioli Utara, Khafilah Kecamatan Mandioli Selatan, Khafilah Kecamatan Kasiruta Barat, Khafilah Kecamatan Kasiruta Timur, Khafilah Kecamatan Gane Timur, Khafilah Kecamatan Gane Timur Tengah,Khafilah Kecamatan Gane Timur Selatan.

Selanjutnya, Khafilah Kecamatan Gane Barat, Khafilah Kecamatan Gane Barat Utara, Khafilah Kecamatan Gane Barat Selatan, Khafilah Kecamatan Kepulauan Joronga, Khafilah Kecamatan Obi, Khafilah Kecamatan Obi Barat, Khafilah Kecamatan Obi Selatan, Khafilah Kecamatan Obi Utara, Khafilah Kecamatan Obi Timur, Khafilah Kecamatan Kayoa, Khafilah Kecamatan Kayoa Barat, Khafilah Kecamatan Kayoa Utara, Khafilah Kecamatan Kayoa Selatan, Khafilah Kecamatan Makian Barat, dan Khafilah Kecamatan Pulau Makian.

Jenis lomba dalam pelaksanaan MTQ ke-29 ini yakni, Maqra Tahfiddz 1 Juz, Maqra anak-anak 1, Maqra Tartil Qur’an, Maqra remaja, Maqra 5 juz 1 dan 2, Musabaqah Hifdzil, Musabaqah Hifdzil 5 juz, Musabaqah fahmil, Tartil Qur’an, Musabaqah syarhil, dan Tilawah remaja.

“Alhamdulillah di hari pertama pelaksanaan MTQ berjalan lancar sesuai dengan skedul yang di tetapkan. Untuk kondisi cuaca sejak pagi tadi juga hujan dan angin sehingga mengakibatkan beberapa tenda roboh. Tetapi panggung utama dan tenda tengah baik-baik saja, sehingga kegiatan tetap berjalan dengan normal. Untuk jenis mata lomba lainnya juga berjalan di aula sekolah. Untuk itu kami haqqul yakin dan optimis kegiatan MTQ berjalan dengan sukses” pungkas Suhardi. (*)

  • Bagikan