banner 560

Tower Mini Desa Busua Patah Akibat Di Terjang Hujan Deras dan Angin Kencang

  • Bagikan
banner 560

HALSEL – Hujan deras dan angin kencang mengguyur Wilayah Maluku Utara. Akibat kejadian ini, satu buah Tower Mini di Desa Busua, Kecamatan Kayoa Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, patah pada bagian tengah.

Kronologis kejadian yang dihimpun dari salah satu Kaur Pemerintah Desa Busua, Sardal Kamarullah, menyebutkan bahwa kejadian terjadi sekitar Pukul 14.00 WIT siang tadi.

Sardal bilang, setelah hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan Tower Mini dengan ketinggian sekitar 32 meter itu patah di ketinggian 10 meter dan roboh kebagian selatan.

Untungnya kejadian itu, lanjut Sardal, tidak memakan korban karena tower roboh tepat di lapangan SD Negeri Busua.

“kejadian terjadi setelah angin dan hujan besar siang tadi sekitar pukul 14.00 WIT. Tower di perkirakan patah pada ketinggian 10 meter dan jatuh ke tanah,” ungkap Sardal kepada wartawan Via Celuler, Senin (21/2/22)

Sementara, Kepala Desa Busua Ikram Samsudin mengaku terkejut dengan kejadian yang dilaporkan oleh Kaur Pemerintahan Desa Busua.

Padahal kata Kades, dirinya bersama Bhabinkamtibmas Desa Busua Bripka Hamajen Seri, baru saja berkoordinasi dengan pihak Telkomsel Kota Ternate terkait kerusakan signal tower.

Tower Mini yang patah di amankan warga setempat usai di hantam Angin kencang.

Dari hasil koordinasi, tambah Kades, pihak Telkomsel merespon baik dan akan mengirim teknisi dari labuha ke Desa Busua untuk perbaikan jaringan pada selasa esok.

“Padahal pagi tadi saya dengan pak Hamajen baru saja berkordinasi dengan pihak Telkomsel Kota Ternate untuk perbaikan jaringan yang hilang sekitar tanggal 4 Desember 2021 lalu hingga hari ini tanggal 21 Februari 2022. Dari Telkomsel juga suda merespon akan secepat nya menindaklanjuti, padahal tiba- tiba menerima laporan dari Desa ada kerusakan baru yang sangat besar akibat angin dan hujan kencang,” tutur Kades.

Lebih lanjut, Kepala Desa Busua juga mengaku telah berkordinasi kembali dengan pihak Telkomsel untuk melaporkan kejadian kerusakan yang baru.

“Muda-mudahan secepatnya direalisasi. Ini adalah musibah yang kita tidak inginkan bersama, oleh karena itu seluruh masyarakat Desa Busua agar tetap sabar dan selalu berdoa agar segala upaya dari pemerintah desa lakukan saat ini bisa tercapai,” ujar Kades.

“Saya berharap pemerintah daerah melalui Dinas terkait agar secepatnya mengambil langka untuk masaala saat ini,” sambung Kades mengakhiri.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Halmahera Selatan, Sutego saat di wawancarai Via WhatsApp mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Telkomsel Pusat melalui Ridwan Sumarno.

“Saya juga sudah komunikasi dengan Kepala Desa Busua. Jadi petunjuk dari Telkomsel pusat itu menyatakan untuk membuat surat kronologis rubuhnya tower di Busua, sebagai dasar Telkomsel untuk segera melakukan perbaikan. Saya sudah hubungi kepala desa untuk membuat surat keterangan tersebut malam ini juga, kirim ke saya via WA dan akan saya lanjutkan langsung ke Telkomsel Jakarta,” singkat Sutego di Makian dalam rangka memantau kegiatan Live Streaming acara MTQ Ke-29 Desa Suma. (*)

  • Bagikan