banner 560

Soal Relokasi Bupati Usman Sidik Temui Warga Kawasi

  • Bagikan
saya tidak akan mengizinkan warga pindah ke lokasi baru jika fasilitas pendukung belum siap
Bupati Halmahera Selatan saat Temui Warga Kawasi Senin (6/3/2023) Foto : Istimewa Infomalut.com
banner 560

” Saya tidak akan mengizinkan warga pindah ke lokasi baru jika fasilitas pendukung belum siap “

HALSEL – Bupati Halmahera Selatan, H Usman Sidik melakukan kunjungan kerja (Kuker) ke Desa Kawasi, Kecamatan Obi Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara. Kuker tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian serius terkait dengan rencana relokasi Desa Kawasi Kecamatan Obi ke lokasi yang baru atau ekovilage.

Atas Kuker tersebut, karena ada sebagian warga masih menolak untuk dipindahkan ke lokasi yang baru meskipun telah disiapkan rumah oleh PT. Harita Nickel dilengkapi dengan fasilitas lainnya berupa air bersih, listrik dan fasilitas umum lainnya.

Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik saat pertemuan di kantor Desa Kawasi, Senin (6/3/2023) didampingi Ketua DPRD Halsel, Muhlis Djafar dan beberapa anggota DPRD, Kejari Labuha dan kepala dinas DPMD Halmahera Selatan, Faris H. Madan. Sementara dari pihak Desa Kawasi, hadir langsung kepala Desa Arifin Saroa dan ketua BPD serta para tokoh adat dan agama serta masyarakat Desa Kawasi.

Dalam pertemuan kurang lebih dua jam tersebut, Bupati Usman Sidik mengatakan, kedatangannya di Desa Kawasi karena ingin mengetahui keinginan warga Desa Kawasi ketika di relokasi ke lokasi yang baru, karena dalam waktu tidak lama lagi akan dilakukan relokasi desa karena pemukiman warga saat ini sudah tidak ramah lingkungan, sudah dipenuhi dengan debu dan sebagainya.

“Saya datang menemui warga ini karena ingin tahu keinginan masyarakat ketika direlokasi tempat baru, karena sudah ada MoU yang ditandatangani oleh Pemerintahan sebelumnya bersama pihak Harita Nickel dan warga karena ada notulennya jadi sebagai Bupati sekarang ingin mengetahui apa apa saja yang menjadi keinginan warga,” ucapnya.

Masih menurut Bupati, keinginan warga yang disampaikan pertemuan ini, sebagai kepala daerah akan menyampaikan ke pihak PT. Harita Nickel, misalnya untuk masalah pertanian akan dikelola oleh warga yang dengan menggunakan CSR atau difasilitasi pihak PT. Harita Nickel.

“saya tidak akan mengizinkan warga pindah ke lokasi baru jika fasilitas pendukung belum siap diantaranya air bersih, listrik, jalan dan drainase serta kebutuhan urgent lainnya jadi semua disiapkan baru warga direlokasi, karena sayang tidak ingin warga saya semakin sengsara,” cetus Usman Sidik.

Dalam pertemuan tersebut, sebagian warga masih bersikeras untuk tetap bertahan apapun kondisinya, termasuk imam mesjid di Desa Kawasi, Abadan Nomor. Namun, banyak warga juga berkeinginan untuk cepat pindah ke lokasi baru karena saat ini debu sudah kepung rumah warga. “Kalau semuanya sudah siap termasuk fasilitas pendukung yang disiapkan pihak PT Harita Nickel maka yang bersedia pindah akan dipindahkan sebelum puasa dan setelah pertemuan ini langsung tinjau lokasi,” tegas Usman Sidik

Setelah melakukan pertemuan dengan warga Desa Kawasi Kecamatan Obi, Bupati Usman Sidik langsung mengecek pembangunan Rumah dan fasilitas pendukung lainnya di lokasi Desa Kawasi yang baru. Tampak pekerjaan terus dilakukan, selain rumah warga yang dibangun, pihak PT. Harita Nickel juga membangun Kantor Desa, sekolah, polindes, mesjid dan Gereja.

Sementara itu, Kepala Desa Kawasi kecamatan Obi Arifin Saroa dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih ke Bupati Halmahera Selatan H Usman Sidik atas kepedulian terhadap masyarakat desa Kawasi, ini adalah kepedulian seorang pemimpin

“Terima kasih pak Bupati yang sangat peduli terhadap warga desa Kawasi sehingga hari ini sempatkan diri untuk bertemu warga untuk mencarikan solusi terkait dengan relokasi ke kawasan yang baru, terimakasih pak Bupati,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan