banner 560

Bupati Usman Sidik Apresiasi 10 Program PKK Di Ivent Provinsi

  • Bagikan
Bupati Usman Sidik Apresiasi 10 Program PKK Di Ivent Provinsi
Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik (Foto : Istimewa/Infomalut.com)
banner 560

HALSEL –  Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik menghadiri acara Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Utara, yang berpusat di Desa Papaloang Kecamatan Bacan Selatan, Selasa (6/6/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Saiful Turuy, pimpinan OPD, para Camat, Kepala Desa, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Desa, serta Tim penilai dari TP-PKK Provinsi Maluku Utara.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu kiat membangun Desa adalah dengan cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui pengembangan ekonomi kreatif. Hanya saja masih banyak diantara masyarakat yang belum berpandangan bahwa pentingnya berwirausaha dengan memanfaatkan potensi unggulan Desa, agar bisa menambah penghasilan sehingga peran PKK sangat dibutuhkan.

“Masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang belum memahami cara berwirausaha, maka disinilah peran PKK diperlukan sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa swadaya perempuan dalam pembangunan,’’ terang Bupati

Lanjut Bupati, Pemerintah Daerah melalui OPD terkait, telah bergandengan tangan dengan Tim Penggerak PKK untuk mengedukasi setiap masyarakat khususnya para ibu-ibu PKK Kecamatan untuk bagaimana mengolah dan mengembangkan potensi alam sekitar menjadi sebuah industri rumah tangga melalui 10 program pokok.

“Saya sangat mengapresiasi dan juga bangga melihat semangat dan dedikasi, yang terus tumbuh dalam pelaksanaan program-program PKK di kabupaten Halsel,” tegasnya.

Terkait Desa Papaloang yang menjadi desa terpilih untuk mewakili Halmahera Selatan pada lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi, Bupati berharap agar Tim Penggerak PKK bisa memberdayakan masyarakat setempat yang mayoritas penduduknya adalah petani dan pembuat gula aren untuk bisa menyulap potensi yang ada menjadi olahan bernilai ekonomis.

“TP PKK harus bisa berdayakan itu, untuk masyarakat yang lebih sejahtera, terutama di desa Papaloang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Halsel, Eka Dahliani Usman dalam sambutannya menyampaikan, TP-PKK Halsel telah melaksanakan lomba 10 Program PKK secara berjenjang, hingga mendapatkan pemenang yang benar-benar layak, mewakili Halsel pada lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi, yakni Desa Papaloang, Kecamatan Bacan
Ketua dan pengurus TP PKK Halmahera Selatan (Foto Istimewa Liputan Malut)

“Dari 30 kecamatan dengan penilaian selektif dan objektif. Ada 3 terbaik yakni Desa Papaloang Terbaik pertama, Desa Dolik Terbaik kedua dan Desa Amasing Kota utara sebagai terbaik ketiga,” terangnya.

“tentunya implementasi dari 10 Program PKK, tidak hanya menjadi mata lomba tetapi harus diwujudkan, dalam bentuk nyata dan dirasakan oleh masyarakat,” harapnya (*)

  • Bagikan