banner 560

Wakil Bupati Bassam Kasuba Sampaikan 7 Proritas Pembangunan Daerah Pada Hari Jadi Halmahera Selatan Ke-20

  • Bagikan
Wakil Bupati Bassam Kasuba Sampaikan 7 Proritas Pembangunan Daerah Pada Hari Jadi Halmahera Selatan Ke-20
Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba Saat Jadi Inspektur Upacara pada Hari Jadi Halmahera Selatan Ke-20 (Foto: Istimewa Infomalut.com)
banner 560

HALSEL – Wakil Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan ke-20, yang bertepatan pada tanggal 09 Juni 2023.

Upacara dilaksanakan di Lapangan Asombang, Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, pada Jum’at (09/06/2023).

Wakil Bupati Halsel dalam sambutannya mengatakan, “Peringatan Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan ke-20 tahun 2023 ini, pada hakikatnya adalah suatu ungkapan rasa syukur atas berkat rahmat Allah, Tuhan yang maha esa serta merupakan penghormatan kita terhadap peristiwa monumental lahirnya Kabupaten Halmahera Selatan, yang telah melewati berbagai proses panjang, mulai dari perjuangan pemekaran Kabupaten, disahkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Timur, dan Kota Tidore Kepulauan Di Provinsi Maluku Utara yang menjadi dasar hukum berjalannya roda pemerintahan di Kabupaten Halmahera Selatan yang telah memasuki 2 dekade pada tahun 2023”.

“Selaku kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diberi kepercayaan oleh masyarakat Halsel, kami bertekad untuk terus melakukan langkah-langkah strategis dengan spirit pembangunan untuk mewujudkan cita-cita besar Halmahera Selatan yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2021-2026, dengan visi “Bersatu Mengembalikan Senyum Halmahera Selatan yang Lebih Baik, Beradab dan Penuh Berkah”, ungkapnya.

“Dalam usaha mewujudkan komitmen tersebut, seiring berjalannya roda pemerintahan yang telah melewati tahun kedua, fokus pembangunan daerah saat ini diarahkan pada tujuh prioritas yaitu: Pertama, Pemulihan ekonomi daerah, Kedua, Pengentasan kemiskinan, Ketiga, Peningkatan akses dan mutu kesehatan, serta pendidikan, Keempat, Revitalisasi kebudayaan, Kelima, Pembangunan infrastruktur, Keenam, Pelestarian lingkungan hidup, dan yang terakhir, Peningkatan kualitas pelayanan publik”.

Menurut Wabup, “Masih banyak hal yang harus dibenahi di tengah proses pembangunan daerah, namun dengan berbagai keterbatasan, alhamdulillah, berkat ikhtiar kita bersama seluruh jajaran penyelenggara Pemerintah Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, para pelaku usaha, serta seluruh stakeholder, pada kesempatan ini, kami sampaikan beberapa penghargaan yang telah diraih Kabupaten Halmahera Selatan, diantaranya adalah:
Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2023 yang diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan sebagai Kabupaten dengan perencanaan pembangunan terbaik pertama tingkat Provinsi Maluku Utara. Penganugerahan penghargaan ini menjadi bukti dan komitmen kami bahwa pembangunan di Halsel telah berjalan sesuai dengan asas perencanaan yang baik yang bertujuan agar hasil pembangunan nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Halmahera Selatan”.

Kabupaten Halmahera Selatan juga mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Kabupaten/Kota terbaik pertama se-Provinsi Maluku Utara pada Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting tahun 2022. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemda Halsel dan bukti komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan yang telah mempertahankan predikat terbaik ke-1 dalam penanggulangan konvergensi stunting di Malut sejak 2018.

“Selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan juga mengucapkan selamat kepada pengurus PDAM Halsel, yang sejak tahun 2021 s.d tahun 2022, meraih peringkat pertama kinerja PDAM terbaik dengan kategori sehat. prestasi ini adalah hasil dari usaha dan kerja keras PDAM Halsel dalam memenuhi kebutuhan primer masyarakat dan tentu saja atas kerja sama masyarakat yang kooperatif sebagai konsumen air PDAM. Kami berharap kedepannya trend positif dalam pelayanan penyediaan air minum kepada masyarakat sebagai salah satu kebutuhan dasar ini untuk terus ditingkatkan”, ujar Wabup.

Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan kepada masyarakat, maka Pemerintah Daerah akan menggratiskan tagihan air terhadap 1287 pelanggan yang masuk kategori rumah tangga 1 (kurang mampu) berdasarkan data dari PDAM Halsel yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Halmahera Selatan agar kebutuhan ketersediaan air bersih untuk dikonsumsi tidak menjadi beban tanggungan masyarakat yang tergolong kurang mampu.

“Kami mengharapkan kepada seluruh komponen masyarakat di daerah ini, marilah terus kita tingkatkan semangat kebersamaan, saling mengingatkan, saling menopang serta dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan daerah. Sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini, yakni “Bergerak Bersama Wujudkan Halmahera Selatan yang Mandiri dan Berkeadilan”. Secara khusus, kami berharap kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah, kami mengajak untuk bersatu padu mendukung agenda besar Kabupaten Halmahera Selatan, dengan komitmen penuh, kerja keras, serta inovasi dan kreativitas. Semoga Allah SWT, senantiasa mempermudah upaya kita dalam mewujudkan Halmahera Selatan yang maju sebagaimana kita cita-citakan”, tuturnya.

“Kami mengajak untuk sejenak memanjatkan doa untuk para leluhur yang telah memperjuangkan pemekaran Kabupaten Halmahera Selatan yang telah mendahului kita, semoga amal ibadah mereka diterima oleh Allah SWT, Tuhan yang maha Esa”, sambungnya.

Wakil Bupati juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang luar biasa kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang turut membantu kemajuan dan perubahan Kabupaten Halmahera Selatan ke arah yang lebih baik.

“Saya mengucapkan dirgahayu Kabupaten Halmahera Selatan yang ke 20, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan merahmati cita-cita mulia kita bersama dalam mewujudkan Halmahera Selatan yang baldatun tayyibatun warabbun ghafur”, ucap Wakil Bupati.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Ketua Umum GOW Halsel, Ibu Rifa’at Al Sa’adah juga sebagai istri Wakil Bupati, fokompimda Halsel, Sekretaris Daerah Halsel, Ir. Saiful Turuy, Kepala-Kepala Dinas lingkup Kabupaten Halsel, seluruh ASN Kabupaten Halmahera Selatan, serta siswa-siswi SMA, SMP, dan SD. (*)

  • Bagikan