banner 560

Tata Kota Disperkim Halmahera Selatan Lucurkan Aplikasi D-SPIRIT

  • Bagikan
Tata Kota Disperkim Halmahera Selatan Lucurkan Aplikasi D-SPIRIT
Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Untilitas (PSU) Disperkim Halmahera Selatan Budi Djumadil, ST (Foto Istimewa)
banner 560

LABUHA – Bidang Prasarana Sarana dan Untilitas (PSU) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Halmahera Selatan Maluku Utara, melucurkan Aplikasi D-SPIRIT untuk penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan pelayanan, upaya percepatan perwujudan pemerintahan digital yang memiliki tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas(Disperkim) Halmahera Selatan Budi Djumadil, ST mengemukakan, penyusunan perencanaan pembangunan daerah, pendapatan daerah, pengawasan terhadap kegiatan pemerintahan, membutuhkan Data dan Informasi yang akurat dan ter-Update, namun seringkali data dan informasi yang dibutuhkan itu tidak tersedia, Ujar Budi kepada wartawan, Selasa (21/11/20203).

Budi Djumadi, ST, juga menjelas, Adaptasi terhadap metode dan langkah yang digunakan, untuk menyelesaikan masalah terkait efesiensi dan percepatan informasi terhadap infrastruktur daerah, untuk pengajuan, penginputan, analisis, verifikasi dan persetujuan usulan pembangunan dengan melakukan aksi perubahan yang berjudul “Digitalisasi – Sistim Pengajuan Informasi Infrastruktur Terintegrasi (D-SPIRIT)” dilingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.

Menurutnya, dengan Digitalisasi Sistim Pengajuan Informasi Infrastruktur Terintegrasi atau D-SPIRIT yang digagas-nya diharapkan dapat mewujudkan Efesiensi dan Efektifitas layanan informasi pembangunan infrastruktur daerah di lingkup Pemerintah Daerah Halsel.
“Dapat mewujudkan Efesiensi dan Efektifitas layanan informasi pembangunan infrastruktur daerah di lingkup Pemerintah Daerah Halsel,”

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, Kata Budi, agar pemerintah daerah dapat mengambil berbagai langkah strategis seperti: perencanaan pembangunan daerah berkelanjutan, pembangunan akibat mitigasi kebencanaan, serta dapat secara tepat melakukan penetapan kebutuhan pembangunan infrastruktur berbasis kebutuhan masyarakat dan publik, guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, pertumbuhan perekonomian daerah dan peningkatan nilai estetika wajah daerah.

Budi menyebut, Disperkim Halsel merupakan salah satu Dinas dengan akses ke seluruh desa di kabupaten halmahera selatan, sehingga pembuatan Aplikasi berbasis digital seperti D-SPIRIT sangatlah dibutuhkan dalam menunjang program Belanja Hibah pembangunan Rumah Ibadah pada batang tubuh APBD Halsel.

“Aplikasi berbasis digital seperti D-SPIRIT sangatlah dibutuhkan dalam menunjang program Belanja Hibah pembangunan Rumah Ibadah pada batang tubuh APBD Halsel,” beber Budi sembari mengaku tujuan jangka pendeknya yaitu terwujudnya sistem digitalisasi layanan informasi infrastruktur daerah, untuk pengajuan, penginputan, analisis, verifikasi dan persetujuan usulan pembangunan.

Budi berharap, dengan adanya D-SPIRIT dapat berdampak positif pada Peningkatan Efesiensi dan Percepatan informasi layanan pembangunan infrastruktur Daerah, berupa pengajuan Proposal pembangunan rumah Ibadah dan Pembangunan jalan Lingkungan (setapak) yang bisa dilakukan secara online dan dapat dipantau proses dan tahapan evaluasi terhadap proposal tersebut sehingga mempermudah layan informasi secara aktual. “Setiap kegiatan pembangunan misalkan rumah ibadah yaitu Mesjid, setapak atau jalan lingkungan bisa dipantau secara online melalui aplikasi D-SPIRIT milik Disperkim ini,” jelasnya.

Alumnus Universitas Muslim Indonesia itu mengaku dengan memiliki D-SPIRIT di Disperkim Halsel dapat mengoptimalkan layanan Pengajuan Proposal Pembangunan rumah ibadah dan Jalan lingkungan dari tingkat Desa hingga kecamatan dalam menunjang pemerataan pembangunan daerah kedepannya. (*)

  • Bagikan