banner 560

Yayasan Dzikir Nurul Hikmah Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Konsep Ubah Pola Pikir Dimasa Pandemi Covid-19

  • Bagikan
banner 560

TERNATE– Umat Islam di dunia harimerayakan kelahiran Nabi Muhammad SWA.Setiap 12 Rabiul Awal kalender Hijriyah.Tahjn Maulid Nabi Muhammad jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021.

Menyambut hari maulid Nabi, Majelis Dzikir Nurul Hikmah Maluku Utara dengan tema ” Menjadikan Suri Tauladan Rasullullah SWA Untuk Perubahan Pola Pikir dan Mempererat Tali Silaturahim Dimasa Pandemi Covid-19″ Penasehat Majelis Ta’lim Dzikir Nurul Hikmah Hi Thaib Armaiyn mengajak umat Islam untuk menampilkan teladan utama atau uswah hasanah yang terkait dalam tiga konteks.

“Pertama untuk memperpendek, meminimalisasi bahkan menghilangkan kesenjangan antara nilai agama yang serba baik, serba benar, serba utama dengan praktik kehidupan nyata yang seringkali berbeda dari nilai-nilai yang telah diajarkan agama,” pesan Thaib Penasehat Majelis Dzikir Nurul Hikmah.

“Dan praktik itu bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam praktik kehidupan politik, ekonomi, budaya dan kehidupan yang lebih luas di mana agama menjadi sumber nilai yang utama,” imbuhnya.

Foto Bersama Usai Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SWA ./dok EN Blakter)

Kedua, Penasehat, Dzikir Nurul Hikmah berpesan agar umat Islam memerhatikan bahwa di tengah majunya penguasaan teknologi, kehidupan politik, ekonomi, dan budaya modern ternyata juga menyisakan krisis moral, krisis perilaku, krisis keteladanan, dan berbagai kekerasan atas nama apapun.

Maka seyogianya umat beragama khususnya kaum muslim untuk menghadirkan alam pikiran, sikap, dan tindakan yang mampu menjadi solusi atas berbagai problem kehidupan yang bersifat krisis tersebut,” katanya.

“Jadikan Islam dan figur Nabi Muhammad sebagai role model untuk menghadirkan kehidupan yang lebih beradab, lebih bermoral, lebih menjunjung tinggi nilai-nilai utama, menyebar perdamaian, persatuan sekaligus mencegah segala bentuk permusuhan, kebencian, kekerasan, keretakan, dan hal-hal yang membuat suatu bangsa akan jatuh,” tuturnya.

Ketiga, beliau berpesan secara umum agar bangsa Indonesia yang sejatinya berbasis pada kebudayaan luhur mampu mewujudkan cita-cita luhur untuk membangun kehidupan yang lebih baik. “Yaitu kehidupan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur sebagaimana cita-cita para pendiri bangsa,” pesannya.

“Saya percaya bahwa peringatan kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam selalu menjadi sumber nilai kebaikan, keutamaan dan keluhuran hidup kita bersama meski daerah dan Negera kita dalam keadan pandemi Covid-19 namun tidak mengabaikan momoment luar biasa yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan itu seluruh umat Islam di dunia merayakannya.”

Dalam Maulid Nabi Muhammad SAW, ini Panitia Menghadirkan Uztadz KH.DR Rusli Amin, untuk menyampaikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada sore itu, Ustadz Rusli Amin menyampaikan bahwa salah satu tuntunan agama yang selalu berupaya oleh orang Islam adalah mengubah pola pikir dan perilaku,pola pikir dan perilaku selalu diupayakan untuk selalu diperbaharui agar kita (Torang ) mengalami kehidupan lebih baik dan lebih maju, bahkan dalam satu hadits menuntunkan bahwa kita selalu memperbarui iman.

Di depan Majelis Dzikir Nurul Hikmah KH.DR Rusli Amin mengajak kepada Ibu-ibu agar selalu memperbarui pola pikir kehidupan yang lebih baik lagi.

Diketahui Maulid Nabi Muhammad SAW ini, dihadiri oleh ketua Umum Majelis Ta’lim Dzikir Nurul Hikmah, KH.Muhammad Saleh Sakola,S.Ag. Penasehat Nurul Dzikir Hikmah Drs.H.Thaib Armaiyn.dan Ketua Yayasan Majelis Dzikir Nurul Hikmah Hajjah Nurlaila Armaiyn,dan terlihat juga hadir Istri Walikota Ternate,Marliza Marsaoly, selaku Penggerak PKK Kota Ternate.dan Ratusan Majelis hadir untuk rayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.jatu pada 19 Oktober 2021.

 

  • Bagikan