banner 560

IKA PMII Halsel dan Bawaslu Malut Gelar Pendidikan Pemilih

  • Bagikan
Penandatanganan dan Penyerahan Nota Kerjasama Sama (MoU) Antara Bawaslu Malut dan PC IKA PMII Halsel. || Foto : Ilham
banner 560

TERNATE | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) gencar melaksanakan program pengawasan partisipatif dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Sekolah Pemilu yang digagas dalam bentuk seminar dan Focus Group Discussion (FGD), kerja sama dengan Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC IKA PMII) Kabupaten Halmahera Selatan dan Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (PW GP Ansor) Provinsi Maluku Utara, di Aula Asrama Haji Ngade, Kota Ternate Selatan, Kamis (28/10/21)

Kegiatan Sekolah Pemilu yang disponsori oleh Netfid Maluku Utara ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggl 28-30 Oktober 2021 dan dihadiri perwakilan pengurus Banon Nahdlatul Ulama (NU) dari 10 Kabupaten/Kota terdiri dari PW IKA PMII Malut, PW Ansor Malut, PC IKA PMII dan PC GP Ansor Se-Maluku Utara, Fatayat NU, PKC PMII Malut dan PC PMII.

Ditunjuk sebagai Ketua panitia dalam kegiatan Sekolah Pemilu, Ketua IKA PMII Kota Ternate Iskar Hukum, Ketua PKC PMII Malut Yuhlif Assagaf sebagai sekretaris dan Sekretaris IKA PMII Halsel Bahrun Mustafa sebagai Bendahara Panitia.

Bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda ke-93 tahun itu kedua lembaga ini juga melangsungkan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara Bawaslu Malut dan IKA PMII Kabupaten Halsel sebagai pelaksana kegiatan.

Tampak Peserta Sekolah Pemilu Mengikuti Materi Dari Narasumber.

Ketua IKA PMII Halsel, Saleh Alhadad dalam sambutannya menjelaskan bahwa program ini sempat dilelang oleh Bawaslu Malut.

“Alhamdulillah, kami PC IKA Halsel mampu meyakinkan Bawaslu Malut dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga ditetapkan sebagai pemenang tender alias lelang kegiatan,” tutur Abale Sapaan akrab Saleh Alhadad disambut tawa seluruh peserta Sekolah Pemilu

Dia, (Saleh-red) juga menyebutkan kegiatan ini menghadirkan narasumber yang hebat seperti Dr. Rudhi Achsoni, Dr. Sultan Alwan, Muksin Amrin, Dr. Fachrul Abd. Muid, Ir. H. Buchari Mahmud dan keynote speaker adalah Muhammad Afifudin Anggota Bawaslu RI.

Sementara, Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin dalam sambutannya sekaligus membuka acara dengan resmi menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan guna menanamkan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan Pemilu bagi seluruh kader dibawah naungan Nahdlatul Ulama.

Muksin berkeyakinan adanya kegiatan seperti ini mampu melahirkan generasi penyelenggara pemilu yang memiliki kualitas yang sangat baik. (*)

  • Bagikan