banner 560

LLDIKTI Puji Program Studi UNUTARA Tak Dimiliki Universitas Lain di Malut

  • Bagikan
Suasana evaluasi lapangan pendirian Kampus Unutara oleh Dr. Jantje E. Lekatompessy, Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Maluku-Maluku Utara (Foto : Istimewa)
banner 560

TERNATE – Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Provinsi Maluku-Maluku Utara, Dr. Jantje E. Lekatompessy membeberkan, perkembangan evaluasi lapangan pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara (Unutara), setelah pihaknya melakukan evaluasi yang kesekian kalinya.

Menurut dia, UNUTARA memiliki keunggulan program studi yang tidak dimiki oleh Universitas lain terutama provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Tak hanya mendapat pujian atas keunggulan prodi, kabar baik juga datang dari Jantje terkait izin operasi, walaupun belum mendapat izin secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolgi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia, Namun dirinya memastikan UNUTARA akan bisa beroperasi di tahun 2022 karena beberapa prodi yang dilakukan evaluasi karena tiga diantaranya sudah mendapatkan rekomendasi.

“Kalau dihitung-hitung sudah tiga yang sudah muncul, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS dan Kimia. berarti kalau diantara dua ini muncul satu lagi, itu berarti sudah memenuhi standar bisa direkomendasi untuk izin keluar. Artinya, syarat untuk mendirikan sebuah Universitas itu lima program studi,” Kata Jantje, saat mengevaluasi dua program studi yakni, Biologi dan Tekhnik perairan Ternate, Rabu (3/11/2021).

Karena itu, lanjutnya, di tahun depan Unutara sudah bisa melakukan peresmian sebab ini yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Maluku Utara.

“Itu harapan besar kami bapak ibu, karena ini juga ditunggu-tunggu oleh masyarakat Maluku Utara. program studi-program studi  yang ada di Unutara ini tidak ada semua di Wilayah Maluku maupun Maluku Utara, itu yang memang kami harapkan.” Tuturnya

Sementara, Ketua Yayasan Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara, Asmar Bani, mengungkapkan bahwa Unutara mendorong sebanyak enam program studi namun empat diantaranya sudah mendapat rekomendasi tersisah dua program studi yang saat ini masih dilakukan evaluasi.

Asmar yang juga Ketua IKA PMII Maluku utara ini sangat optimis bahwa Unutara akan mendapat izin operasi oleh Kemendikbud Ristek dalam waktu dekat dan bisa membuka penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2022. (*)

  • Bagikan