banner 560

Basarnas Gelar Apel Siaga SAR Jelang Nataru 2022

  • Bagikan
Menyambut hari Natal dan tahun baru (Nataru) 2022, Kantor BASARNAS Ternate melaksanakan apel siaga SAR Khusus. || Foto : ILO/Humas
banner 560

TERNATE – Menyambut hari Natal dan tahun baru (Nataru) 2022, Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Ternate melaksanakan apel siaga SAR Khusus, Jumat (17/12/21).

Apel kesiapsiagaan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, S.H., M.Si dan diikuti seluruh pejabat serta personil baik personil dari Basarnas Ternate dan Anak Buah Kapal (ABK).

Dalam membacakan sambutan Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Muhamad Arafah mengatakan, Pelaksanaan siaga SAR khusus kali ini dilaksanakan selama 19 hari dimulai tanggal 17 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022 yang mana Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun baru 2022 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal.

“Pada kegiatan kesiapsiagaan SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas, namun tidak hanya itu Basarnas juga siap bilamana adanya potensi terjadinya kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian khusus dari Basarnas,” ucapnya.

Untuk mendukung siaga SAR khusus ini, kantor pencarian dan pertolongan Basarnas Ternate telah menyiapkan alut SAR yang bisa digunakan seperti pada alut air yaitu 2 Kapal, 3 RB dan perahu karet. Kapal KN SAR 237 Pandudewanata di Ternate dan RB 309 Ternate di Bacan, Halmahera Selatan.

Sementara RIB berada Ternate, Tobelo dan Sanana juga telah disiapkan alut darat yg digunakan untuk mobilitas personil yang akan melaksanakan patroli nantinya.

Tidak hanya di Kantor Pencarian dan pertolongan Basarnas Ternate, Siaga khusus ini di siagakan personil dan alut di Pos SAR Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Unit siaga Sar Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, Unit Siaga Sar Sanana Kabupaten Kepulauan Sula dan Unit Siaga Sar Morotai Kabupaten Pulau Morotai.

“Jumlah personil Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate yang di siagakan pada Siaga Sar Khusus Natal 2021 dan Tahun 2022 ini berjumlah 72 Personil,” tandasnya. (*)

  • Bagikan