banner 560

Bupati Halsel Lepas Pawai Taaruf Khafilah MTQ Tingkat Kabupaten Ke-29 Di Desa Suma

  • Bagikan
Prosesi pelepasan pawai ta’aruf yang berlangsung di Lapangan Desa Suma, di tandai dengan di angkatnya bendera star oleh Bupati Usman Sidik didampingi Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba. || Foto : Info Malut
banner 560

HALSEL – Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Usman Sidik, melepas peserta pawai ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)-XXIX Tingkat Kabupaten 2022, yang digelar di Desa Suma, Kecamatan Pulau Makian, Sabtu (19/2/22).

Mengusung tema “Wujudkan Insan Qur’ani Yang Tangguh Menuju Senyum, Halmahera Selatan Yang Maju dan Sejahtera” itu diawali dengan pawai ta’aruf dengan iring-iringan marsin band dari siswa/siswi Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Halsel, Desa Dawori.

Prosesi pelepasan pawai ta’aruf yang berlangsung di Lapangan Desa Suma, sekira pukul 16.30 WIT ini di tandai dengan di angkatnya bendera star oleh Bupati Usman Sidik didampingi Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Saiful Turuy, unsur Forkopimda, DPRD Halsel, Wakapolres Halsel dan jajaran, Camat serta Kepala Desa Se-Halmahera Selatan.

Titik star pawai ta’aruf dimulai dari depan panggung utama MTQ ke-XXIX tahun 2022, itu terlihat warga antusias dan berbondong-bondong datang menyaksikan pelepasan para Khafilah sebanyak 374 orang yang tersebar di 30 Kecamatan.

Bupati Halsel, Usman Sidik dalam sambutannya menyebutkan bahwa, kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an di tahun ini harus diiringi dengan semangat pengamalan Al’quran yang senantiasa tercermin dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi media yang aktif dalam mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

Dikatakan Bupati, Pawai ta’aruf yang di gelar sore ini merupakan wujud suka cita sekaligus sebagai tanda di mulainya MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Halsel.

“Melalui pawai ta’aruf ini di harapkan dapat menjadi wahana persahabatan untuk mengakrabkan antara sesama peserta musabaqoh Tilawatil Qur’an,” ucap Usman Sidik di hadapan ribuan undangan yang memadati lokasi MTQ.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Halsel itu berharap, kegiatan tersebut juga dapat menambah keakraban yang semakin terbentuk dan terciptanya suasana saling menghargai, menghormati, serta semakin memperkuat ukhuwah islamiah .

Bupati juga mengaku senang atas antusias masyarakat yang datang menyaksikan para peserta ta’aruf MTQ-XXIX. Diharapkan pawai ta’aruf ini semakin menambah semarak pelaksanaan rangkaian MTQ di Kecamatan Pulau Makian.

“Baru pernah terjadi ada MTQ Tingkat Kabupaten dengan tuan rumahnya Desa Suma. Olehnya momen MTQ ini kita berharap lebih mempererat tali persaudaraan diantara sesama masyarakat,” harap Bupati mengakhiri sambutan.

Sebanyak 374 khafilah ikut dalam ta’aruf MTQ, diantaranya Khafilah Kecamatan Bacan, Khafilah Kecamatan Bacan Selatan, Khafilah Kecamatan Bacan Barat, Khafilah Kecamatan Bacan Barat Utara, Khafilah Kecamatan Bacan Timur, Khafilah Kecamatan Bacan Timur Tengah, Khafilah Kecamatan Bacan Timur Selatan, Khafilah Kecamatan Botanglomang, Khafilah Kecamatan Mandioli Utara, Khafilah Kecamatan Mandioli Selatan, Khafilah Kecamatan Kasiruta Barat, Khafilah Kecamatan Kasiruta Timur, Khafilah Kecamatan Gane Timur, Khafilah Kecamatan Gane Timur Tengah,Khafilah Kecamatan Gane Timur Selatan, Khafilah Kecamatan Gane Barat, Khafilah Kecamatan Gane Barat Utara, Khafilah Kecamatan Gane Barat Selatan, Khafilah Kecamatan Kepulauan Joronga, Khafilah Kecamatan Obi, Khafilah Kecamatan Obi Barat, Khafilah Kecamatan Obi Selatan, Khafilah Kecamatan Obi Utara, Khafilah Kecamatan Obi Timur, Khafilah Kecamatan Kayoa, Khafilah Kecamatan Kayoa Barat, Khafilah Kecamatan Kayoa Utara, Khafilah Kecamatan Kayoa Selatan, Khafilah Kecamatan Makian Barat, dan Khafilah Kecamatan Pulau Makian.

Sementara mata lomba yang akan diperlombakan dalam MTQ Ke-XXIX yakni, Maqra Tahfiddz 1 Juz, Maqra anak-anak 1, Maqra Tartil Qur’an, Maqra remaja, Maqra 5 juz 1 dan 2, Musabaqah Hifdzil, Musabaqah Hifdzil 5 juz, Musabaqah fahmil, Tartil Qur’an, Musabaqah syarhil, dan Tilawah remaja sesuai dengan jenis mata lomba. (*)

  • Bagikan