banner 560

Sambut 1 Abad NU, PAC GP Ansor Kecamatan Moti dan Masyarakat Bersihkan Sampah

  • Bagikan
Kegiatan pembersihan selokan yang dilakukan oleh PAC GP Ansor Kecamatan Pulau Moti bersama dengan masyarakat setempat./Ilo
banner 560

MOTI, TERNATE – Menyambut Abad ke I Nahdlatul Ulama Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Moti, Kota Ternate melaksanakan pembersihan tumpukan sampah di tepi Pantai.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pulau Moti Zainudin Nasir kepada Infomalut.com, Selasa (7/2/2023) mengatakan Gerakan Pemuda Ansor Pulau Moti terus bergerak menjaga kebersihan lingkungan.

Zainudin mengaku beberapa hari belakangan ini badan otonom (Banom) organisasi Islam Nahdlatul Ulama bersama masyarakat terus bergerak mengumpulkan dan membersihkan sampah di tepi-tepi pantai, selokan dan bakti membersihkan jalan umum di Kelurahan Figur dan Tafamutu.

“Sebagai bentuk merawat kebersamaan, gotong rotong dan mengajak masyarakat supaya sadar akan pentingnya kebersihan. Maka lewat momentum bersejarah 1 Abad NU ini kami seluruh pengurus anak cabang bersama masyarakat membersihkan sampah yang berserakan di sekitar bibir pantai,” jelas Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pulau Moti.

Sampah kata Zainudin, menjadi masalah serius jika tidak diperhatikan dengan baik.

“Kepedulian terhadap lingkungan hidup itu penting. Apalagi urusan sampah menjadi persoalan di Kota Ternate jangan kita menganggap remeh dengan sampah termasuk di Pulau Moti,” tuturnya.

“Banyak masyarakat beranggapan bahwa sampah tidak ada gunanya. Anggapan tersebut sebenarnya keliru. Kami saat ini fokus juga dengan persoalan sampah dengan cara memanfaatkan sampah anorganik dan akan terus melakukan kegiatan ini,” tambahnya.

Disamping itu lanjut Zainudin, langkah tersebut selain untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan juga untuk menyadarkan masyarakat bahwa sampah juga bisa diperjual belikan atau dimanfaatkan dengan cara dikelola menjadi barang jadi yang bisa mendatangkan nilai jual yang cukup tinggi.

“Persoalan sampah tidak bisa kita serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah. Masyarakat juga harus sadar akan dampak yang timbul akibat dari kebiasaan kita membuang sampah sembarangan. Karena itu, penting kiranya kita harus menjalin kerja sama dengan Pemerintah setempat dalam penanganannya,” terang Zainudin.

Ketua PAC GP Ansor Pulau Moti, itu berharap masyarakat selalu bersama dengan Pemerintah dan mengambil peran aktif dalam membersihkan lingkungan sekitar.

“Kami juga siap bantu pemerintah setempat soal sampah demi kesehatan kita bersama,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Pulau Moti, Hairil Anwar, Ruslan Talib, Nasrin Muhlis dan Jais Umar. (Red/tim)*

  • Bagikan