banner 560

Tepat 1 Abad NU, Ketua GP Ansor Ternate Ziarah Makam Pendiri Nahdlatul Ulama

  • Bagikan
Ketua GP Ansor Kota Ternate, Syarif Abdullah saat berziarah di pemakaman Tebuireng./Ilo
banner 560

JOMBANG – Setelah melakukan ziarah makam Sultan Baabullah Ternate, dan Jere Kulaba Ternate dalam rangka menyambut satu abad Nahdlatul Ulama, Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Ternate, melanjutkan ziarah makam para wali Allah di Surabaya, Jombang dan Mojokerto.

Syarif Abdullah, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Ternate, ditemui usai melakukan ziarah di tempat pemakaman Tebuireng, Selasa (7/02/23), mengatakan ziarah makam para wali ini bagian dari salah satu program gerakan pemuda Ansor Kota Ternate.

“Tujuan dari ziarah tersebut adalah tabarrukan (mengharapkan keberkahan), ikroman (memuliakan), ta’dhiman (mengagungkan), dan khidmatan (mengabdi),” sebut Syarif.

Lanjut Syarif, mengatakan Ziarah yang di lakukan GP Ansor Ternate ini berlangsung di 5 lokasi.

“Sebelumnya, kami PC GP Ansor Ternate berziarah di makam Sultan Babullah Ternate, salah satu pahlawan Nasional asal Ternate, yang kedua, Jere Kulaba Ternate, ketiga di makam sunan Ampel Surabaya, dan kempat di Makam TebuIreng Jombang, di sini banyak makam para wali Allah, termasuk Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari (pendiri NU), KH. Wahid Hasyim, dan KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) serta di lokasi terakhir kita Ziarah di makam Syaikh Jumadil Qubroh, Mojokerto,” sebut Mantan Aktivis PMII itu.

Tidak hanya itu dia juga mengatakan ziarah ini bagian tindak lanjut dari instruksi Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) KH Yaqut Cholil Qoumas, bahwa dengan melakukan ziarah kubur maka secara tidak langsung akan mengingatkan kita kepada kematian yang bisa datang kapanpun dan dimanapun.

“Ziarah makam wali ini bertujuan untuk mendoakan tokoh ulama yang telah meninggal, dan disunnahkan Rasulullah SAW. Ziarah ke makam para wali Allah ini bahkan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya,” tandasnya.

Syarif berharap semoga PC GP Ansor Ternate mendapat Kebaikan, Pertolongan dan Keberkahan, untuk kedepannya nanti.

Untuk Diketahui setelah kegiatan ini, PC GP Ansor Ternate akan melakukan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL). (Red/tim)*

  • Bagikan