banner 560

Kesiapan 80 Persen, Panitia Target 5 Ribu Warga Makayoa Hadir Di Sangapati

  • Bagikan
Konferensi Pers yang dipimpin Ketua Harian, Walid Syukur didampingi Sekretaris Umum Mahdi Jasim, Waka 1 Fahri Husen dan Bendahara Umum Ikbal Mustafa, di Sekretariat IKB Makayoa Halsel, Desa Hidayat, Kecamatan Bacan. || Foto : ILO
banner 560

LABUHA – Pengurus Ikatan Keluarga Besar Makeang Kayoa (IKB Makayoa) Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, periode 2021-2025, Rabu (24/11/21) malam sekitar pukul 22.45 WIT, melaksanakan konferensi pers bersama sejumlah awak media.

Turut hadir dalam pelaksanaan konferensi pers di Sekretariat IKB Makayoa Halsel, Desa Hidayat, Kecamatan Bacan, antaranya Ketua Harian Walid Syukur, Waka I Fahri Husen, Sekretaris Umum Mahdi Jasim dan Bendahara Umum Ikbal Mustafa.

Walid dalam kesempatan itu menjelaskan perkembangan sekaligus kesiapan Panitia pengukuhan dan pelantikan pengurus IKB Makayoa Halsel yang akan dilaksanakan di Desa Sangapati, Kecamatan Pulau Makean, tanggal 27-28 November 2021.

Memasuki H-2, sebagain besar panitia telah berada di Sangapati, karena suksesi kegiatan ini dibentuk dua kepanitiaan, baik panitia kabupaten maupun panitia lokal.

“Kami sudah bertemu dengan Ketum IKB Makayoa Usman Sidik untuk melaporkan progres kesiapan pengukuhan dan pelantikan di Desa Sangapati,” ucap Walid dalam konferensi malam tadi

Sementara panitia Kabupaten lainnya lanjut Walid, masih berada di Kota Labuha untuk mengawal peserta undangan yang akan bertolak dari pelabuhan Kupal menuju Pulau Makian dengan kapal KM Permata Bunda, hari Sabtu pagi. Begitu juga dengan undangan yang berada di Kota Ternate, pesisir Gane dan pulau kayoa telah disiapkan sejumlah transportasi laut.

Diakui Walid, saat ini progres kesiapan Panitia telah mencapai 80 persen. Ia juga sangat mengapresiasi semangat dan kerja-kerja kepanitian, sehingga ditargetkan H-1 (Jum’at) seluruh kesiapan sudah mencapai 100 persen.

“Sore tadi Ketua Panitia Kabupaten telah melaporkan progres kesiapan telah mencapai 80 persen. Ini pencapaian yang luar biasa, semangat rekan-rekan panitia baik panitia kabupaten maupun panitia lokal patut diapresiasi. Insya Allah H-1 kesiapan sudah 100 persen sekaligus gladi kotor dan gladi bersih,” ungkap Walid yang juga Kabid Bina Marga Dinas PUPR Halsel.

Dikatakan lagi, Pelantikan akan dihadiri 5 ribu orang undangan, terbagi atas 136 desa mayoritas Makean-Kayoa di Halsel, keluarga besar Makayoa 10 Kabupaten/kota dan provinsi, Bupati/walikota 10 Kabupaten/kota dan seluruh sesepuh Se-Kabupaten/kota di Maluku Utara.

Kesiapan lapangan Desa Sangapati yang akan digunakan untuk pengukuhan dan pelantikan Ketua Umum IKB Makayoa Halsel, Usman Sidik dilanjutkan pelantikan pengurus.

Sementara, Sekretaris Umum (Sekum) IKB Makayoa, Mahdi Jasim menambahkan, kegiatan yang berlangsung di lapangan Desa Sangapati itu dibagi dua tahapan, pertama, pengukuhan Ketua Umum oleh salah satu sesepuh mewakili sesepuh Makayoa Maluku Utara yang disaksikan langsung para imam masjid di Pulau Makian, kedua, pelantikan pengurus yang dilantik oleh Ketua Umum IKB Makayoa Halsel sebanyak 128 orang.

“Prosesi pengukuhan dan pelantikan sedikit di sakralkan. Pengukuhan Ketum yang nanti dikukuhkan oleh sesepuh seperti Dr. Rifai Umar, Jafar Umar, Salim Halid dan yang lainnya masih tahapan konfirmasi. Setelah prosesi pengukuhan baru dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu pelantikan pengurus dibawah Ketua Harian dan perangkatnya, oleh ketua umum,” tuturnya.

Masih dikatakan Sekum, undangan sesepuh dari luar Maluku Utara, yang telah mengkonfirmasi balik kesiapannya untuk hadir pada acara pengukuhan dan pelantikan yakni Sekjen Kemendes, Taufik Majid, Anggota DPD RI, Ikbal Djabid dan beberapa sesepuh lainnya.

“Kepala daerah di didalam wilayah propinsi maluku utara yang mengkonfirmasi siap hadir yaitu, Walikota Tidore, Capten Ali Ibrahim, Bupati Halteng, Edi Langkara, Bupati Pulau Morotai, Beny Laos, Bupati Taliabu, Aliong Mus dan Wakil Walikota Ternate, Jasri Usman,” tambah Mahdi

Mahdi menyebut, Panitia telah menyiapkan penjemputan para tamu dari luar Pulau Makian mulai dari laut sampai pada penjemputan di darat.

“Jadi ada dua jenis penjemputan yaitu dilaut itu dengan model penjemputan ngoru-ngoru, dengan sejumlah armada laut yang berada dipesisir Pulau Makian dan didarat itu dengan tari-tarian adat Makian Kayoa,” terangnya.

Sekum bilang, agenda kegiatan akan dilanjutkan dengan rapat kerja yang digelar di taman budaya kebun karet, Bacan pada tanggal 29 November 2021.

“Jadi agenda acara pengukuhan dan pelantikan itu digelar mulai 27 sampai 28 November 2021, setelah itu baru dilanjutkan dengan rapat kerja tanggal 29 November 2021, sampai selesai bertempat di canga matau, taman budaya di Bacan,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan