banner 560

BPK Malut Serahkan LHP Semester II Tahun 2021

  • Bagikan
Foto bersama Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku Utara, Ir. Hermanto bersama kepala daerah dilingkup Provinsi Maluku Utara yang menerima penghargaan LHP Kinerja dan LHP Kepatuhan. || Doc : ILO
banner 560

MALUT – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Maluku Utara (Malut) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja kepada empat Pemerintah Daerah, dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kepatuhan kepada lima Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan yang dibuka secara langsung Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku Utara, Ir. Hermanto, M.Si., CSFA, itu tampak dihadiri sejumlah kepala daerah, Sekda dan Unsur DPRD di Auditorium Lantai II BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Kamis (6/1/22) pagi tadi.

Kasubbag Hukum BPK Malut, Adityari Kusumastaji Perwira Negara, saat ditemui awak media mengatakan penyerahan LHP tersebut dilakukan guna memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Sementara, Plh Kasubbag Humas BPK Malut, Dian Ratih, menyebutkan sebanyak empat Pemerintah Daerah (Pemda) yang menerima LHP Kinerja adalah Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.

“Jadi tadi acara dimulai dengan penyerahan LHP Kinerja kemudian dilanjutkan LHP Kepatuhan. Ada 4 daerah yang menerima LHP kinerja,” sebut Plh Kasubbag Humas diruang Pers dan Informasi BPK Malut.

Dian Ratih menjelaskan setidaknya ada enam LHP Kinerja diantaranya, pertama, LHP Kinerja atas upaya pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Pemprov Maluku Utara Tahun 2021 dan Instansi terkait lainnya di Sofifi.

Kedua, LHP Kinerja atas upaya pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Pemerintah Kota Ternate Tahun 2021 dan Instansi terkait lainnya di Ternate. Ketiga, LHP Kinerja atas upaya pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat Tahun 2021 dan Instansi terkait lainnya di Jailolo. Keempat, LHP Kinerja atas penyelenggaraan pendidikan vokasi berbasis kerja sama Industri dan dunia kerja dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing tahun anggaran 2020 dan semester I 2021 pada Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Instansi terkait Lainnya.

Kepala BPK Malut usai menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan yang diterima Sekda Halsel, Ir. Saiful Turuy, Pemerintah Kota Ternate diterima langsung Walikota M. Tauhid Soleman dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara diterima Wakil Gubernur Al Yasin Ali, masing-masing sebagai terbaik pertama, kedua dan ketiga.

Kelima, LHP Kinerja atas upaya Pemda dalam mendorong kemudahan berusaha melalui pelayanan perizinan dan penanaman modal pada Pemerintah Kota Ternate tahun anggaran 2020 dan 2021 (sampai dengan Triwulan III) di Ternate. Keenam, LHP Kinerja atas evektivitas pengelolaan Pendapatan Asli Daerah untuk mendorong kemandirian fiskal daerah tahun anggaran 2019 sampai dengab semester I tahun 2021 pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dan Instansi terkait lainnya di Labuha.

Lebih lanjut selain LHP Kinerja, Dian bilang, BPK juga menyerahkan LHP Kepatuhan kepada lima Pemerintah
Daerah.

Pertama, LHP Kepatuhan atas perencanaan anggaran dan pelaksanaan belanja modal tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 (sampai dengan November 2021) kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat di Jailolo. Kedua, LHP Kepatuhan atas perencanaan anggaran dan pelaksanaan belanja modal tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 (sampai dengan November 2021) kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah di Weda.

Ketiga, LHP Kepatuhan atas perencanaan anggaran dan pelaksanaan belanja modal tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 (sampai dengan November 2021) kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur di Maba. Keempat, LHP Kepatuhan atas pengelolaan perlindungan sosial melalui BLT-DD tahun anggaran 2020 sampai dengan Semester I 2021 pada Pemerintah kabupaten Halmahera Utara.

Kelima, LHP Kepatuhan atas perencanaan anggaran dan pelaksanaan belanja modal tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021 (sampai dengan November 2021) kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula di Sanana.

“Setelah penyerahan LHP Kinerja dan LHP Kepatuhan kepada Pemerintah Daerah di
wilayah Maluku Utara, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dengan progres penyelesaian tindak lanjut atas rekomendasi BPK terbaik. Penghargaan ini diberikan oleh BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara atas komitmen Pemerintah Daerah menindaklanjuti rekomendasi BPK RI,” ucap Dian Ratih.

Dikatakannya lagi, tiga Pemerintah Daerah yang berhasil meraih penghargaan adalah Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan,
Pemerintah Kota Ternate, dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“Alhamdulillah kegiatannya berjalan dengan khidmat dan lancar. Kegiatan tadi juga dirangkaikan dengan HUT BPK RI ke-75 yang diakhiri dengan pemotongan
tumpeng oleh Kepala Perwakilan didampingi beberapa Kepala Daerah,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan